Sejarahku yang Terbungkam

Berkas:Luitenant-kolonel-Raaff-voo.jpg
Ilustrasi Gambar
Hari ini aku baru sadar sekaligus tercengang melihat fakta sejarah yang ternyata berbeda dari apa yang dahulu saya dapatkan di bangku sekolah formal. Ya, mungkin karena pengajar yang belum terlalu memahami peristiwa sebenarnya dari pelajaran sejarah yang ia (pengajar) ajarkan lantas kemudian mengajarkan kepada saya.

Ataukah karena saya yang memang tidak jeli melihat peristiwa sebenarnya dibalik peristiwa yang ia sampaikan. Mungkin dahulu nalar kritis belum mencul oleh karena usia yang belum menginjak kematangan berfikir. Untuk itu, maka wajarlah ketika hari ini baru saya melihat yang sebenarnya.

Yang saya lihat bahwa perbedaan ideologi akan menggiring seseorang atau kelompok tertentu untuk menggulingkan bahkan membumihanguskan orang-orang/kelompok yang berbeda ideologi dengannya. Yang nampak di mata saya adalah segala cara dapat ditempuh untuk melenyapkan yang berbeda tersebut.

Bahkan cara sadis yang tak manusiawi (genosida, red) tak luput dijadikan sebagai sebuah jalan untuk melancarkan niatnya. Maka tak heran ketika ratusan bahkan ribuan korban jiwa termakan oleh perbedaan tersebut. Sungguh sebuah fakta sejarah yang tak terelakan.

Untuk itu, perlunya membangun kesadaran kritis yang baik, melihat kembali lipatan sejarah yang dahulu, agar apa yang telah berlalu dapat nampak sebagaimana adanya, bukan sejarah yang telah dipoles atau bahkan yang telah di belokkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

"Semoga kita bisa memahami apa yang belum dipahami"

0 Response to "Sejarahku yang Terbungkam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel