Hari Pendidikan Nasional

Ilustrasi Gambar
Pelajarilah sejarahmu hingga engkau tahu mengapa engkau bisa berdiri tegak hingga hari ini. Sebab ada sebagian sejarah yang telah terpoles hingga mengaburkan makna sebenarnya dari apa yang telah terjadi. Untuk itulah pentingnya mengingat masa lalu yang tanpa polesan, sebagai pengenang masa sekarang dan masa mendatang.

Tahukah kita mengapa setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)?. Ya, tanggal tersebut dijadikan sebagai salah satu tanggal penting dalam kalender bangsa ini karena tanggal tersebut adalah tanggal lahir Bapak Pendidikan. Ki Hajar Dewantara, lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.

Beliau adalah tokoh yang sangat berjasa dalam pendidikan. Karena usaha beliau yang mencari hak-hak bagi rakyat Indonesia dalam mendapatkan pendidikan di tengah-tengah penjajahan Belanda, yang saat itu terjadi diskriminasi terhadap warga Indonesia dengan tidak boleh belajar, yang boleh hanyalah anak-anak Belanda. Oleh karena usaha tersebut, ia mendapat pengasingan ke negeri Belanda.

Sulit terbanyangkan sekiranya tidak ada perjuangan beliau dalam memperjuangkan hak-hak untuk mengeyam pendidikan bagi setiap rakyat Indonesia. Akan seperti apa wajah pendidikan bangsa kita sekarang sekiranya tidak ada perlawanan dari beliau yang mengkritik tirani penguasa pada zamannya. Untuk itu, sebuah kewajaran ketika tanggal lahirnya di peringati sebagai salah satu tanggal bersejarah dalam perjalanan bangsa ini.

Selamat Hari Pendidikan Nasional
Mari berbuat untuk pendidikan yang lebih baik

"Jangan biarkan cita-cita kami menjadi usang hanya karena topeng kemunafikan, pemerataan pendidikan adalah keharusan sebagai upaya peningkatan kualitas yang lebih baik".

#Bersama Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

0 Response to "Hari Pendidikan Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel