Biaya Adalah Apa yang Harus Dikorbankan untuk Memperoleh Sesuatu

Biaya, Papan, Keuangan, Uang, Bisnis, Salah Perhitungan
Ilustrasi Gambar
Karena adanya tradeoff, dalam mengambil keputusan, kita diminta untuk membandingkan biaya dan manfaat dari suatu tindakan. Namun dalam banyak kasus, biaya suatu tindakan tidak selalu terlihat jelas sejak awal.

Sebagai contoh, bayangkan ketika Anda harus memutuskan untuk kuliah atau tidak. Manfaat kuliah adalah bertambahnya ilmu pengetahuan dan peluang untuk memperoleh pekerjaan lebih baik. Akan tetapi, berapa biayanya? Untuk menjawabnya, hitunglah semua uang yang diperlukan untuk membayar uang kuliah, membeli buku, menyewa kamar kos, dan uang makan. Namun, uang yang dikeluarkan tersebut tidak benar-benar mencerminkan semua yang Anda korbankan ketika kuliah selama satu tahun.

Masalah pertama beserta jawabannya adalah ada biaya yang turut diperhitungkan walaupun sebenarnya bukan biaya karena kuliah. Sekalipun Anda tidak kuliah, tetap akan ada biaya untuk tempat tinggal dan makan. Biaya kamar dan makan dapat dihitung, termasuk biaya kuliah hanya jika biaya-biaya tersebut lebih mahal di kampus dibandingkan dengan di tempat lain. Tentu saja biaya-biaya tersebut, apabila di kampus mungkin lebih kecil dibandingkan dengan yang Anda ingin bayarkan. Jika demikian, tabungan yang diperoleh dari kelebihan ini dapat dianggap sebagai manfaat kuliah.

Masalah kedua adalah ada hal yang dilupakan ketika biaya kuliah hanya semata-mata menghitung uang yang dikeluarkan, yaitu waktu. Waktu adalah biaya terbesar. Ketika Anda menghabiskan waktu selama setahun untuk mengikuti kuliah, membaca buku teks, dan menulis tugas maka Anda kehilangan kesempatan untuk bekerja. Akan tetapi, konteks hari ini memungkin seseorang menjalani kuliah dengan tetap bekerja. Namun demikian, bagi kebanyakan, gaji yang dikorbankan karena memilih kuliah merupakan biaya terbesar dari pendidikan.

Biaya kesempatan (opprtunity cost) dari sesuatu adalah apa yang dikorbankan untuk memperoleh sesuatu itu. Dalam mengambil keputusan, seperti memutuskan untuk kuliah atau tidak, kita harus memahami biaya kesempatan yang muncul dari setiap kemungkinan tindakan. Kenyataannya adalah biaya ini selalu ada.

Dengan demikian, penting kiranya menghitung atau memahami biaya yang akan dikorbankan atas pilihan-pilihan yang tersedia sebelum benar-benar mengeksekusi pilihan tersebut, agar dikemudian hari tidak terjadi penyesalan.

0 Response to "Biaya Adalah Apa yang Harus Dikorbankan untuk Memperoleh Sesuatu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel